Company Profile dapat
dibuat dalam bentuk cetak (printed), video profile, animasi, maupun web
integrated.
Fungsi Company Profile
antara lain adalah sebagai berikut ini:
1. Representasi Perusahaan. Company Profile adl gambaran ttg Perusahaan.
2. Bisa digunakan utk melengkapi komunikasi lisan demi terciptanya mutual-understanding.
3. Menghemat waktu transaksi.
4. Membangun identitas dan citra korporat.
1. Representasi Perusahaan. Company Profile adl gambaran ttg Perusahaan.
2. Bisa digunakan utk melengkapi komunikasi lisan demi terciptanya mutual-understanding.
3. Menghemat waktu transaksi.
4. Membangun identitas dan citra korporat.
Isi Company Profile
bermacam-macam, disesuaikan dengan sasarannya pula. Isi Company Profile
tersebut dapat seperti di bawah ini:
A. (1) Sejarah perusahaan, Profil pendiri, jajaran direksi, perkembangan perusahaan secara umum, dll; (2) Filosofis perusahaan; pandangan atau ideologi dasar perusahaan; dan (3) Budaya perusahaan; nilai-nilai kunci dan konsep bersama yg membentuk citra anggota organisasi thd organisasinya.
B. (1) Sambutan dari Pimpinan ttg segala hal yg sangat berpengaruh pada aktivitas perusahaan dan rencana jangka panjang; (2) Identitas perusahaan; logo, uniform, interior gedung/kantor, dll; (3) Visi, Misi, Strategi perusahaan; termasuk komitmen perusahaan utk meraih kemajuan; (4) Alamat kantor (termasuk kantor cabang, bila ada); dan (5) Gambaran SDM.
C. ( 1) Sistem Pelayanan dan Fasilitas yg disediakan; (2) Prestasi dan keunggulan Perusahaan, termasuk segala hal yg telah dilakukan perusahaan utk kepentingan masyarakat; (3) Laporan perkembangan perusahaan (annual report); (4) Deskripsi ttg produk/jasa utama yg ditawarkan; (5) Gambaran ttg pasar, lokasi pabrik, distributor, market share, grafik pertumbuhan usaha, dll; dan (6) Program pengembangan di masa mendatang.
A. (1) Sejarah perusahaan, Profil pendiri, jajaran direksi, perkembangan perusahaan secara umum, dll; (2) Filosofis perusahaan; pandangan atau ideologi dasar perusahaan; dan (3) Budaya perusahaan; nilai-nilai kunci dan konsep bersama yg membentuk citra anggota organisasi thd organisasinya.
B. (1) Sambutan dari Pimpinan ttg segala hal yg sangat berpengaruh pada aktivitas perusahaan dan rencana jangka panjang; (2) Identitas perusahaan; logo, uniform, interior gedung/kantor, dll; (3) Visi, Misi, Strategi perusahaan; termasuk komitmen perusahaan utk meraih kemajuan; (4) Alamat kantor (termasuk kantor cabang, bila ada); dan (5) Gambaran SDM.
C. ( 1) Sistem Pelayanan dan Fasilitas yg disediakan; (2) Prestasi dan keunggulan Perusahaan, termasuk segala hal yg telah dilakukan perusahaan utk kepentingan masyarakat; (3) Laporan perkembangan perusahaan (annual report); (4) Deskripsi ttg produk/jasa utama yg ditawarkan; (5) Gambaran ttg pasar, lokasi pabrik, distributor, market share, grafik pertumbuhan usaha, dll; dan (6) Program pengembangan di masa mendatang.
Pedoman Pembuatan
Company Profile
A. (1) Pembuatan company profile harus faktual, tidak boleh mengada-ada; (2) Karena merupakan gambaran perusahaan, company profile diusahakan mencakup segala hal sisi perusahaan berdasarkan landasan filosofisnya; dan (3) Landasan filosofis merupakan karakter dan kepribadian.
B. (1) Berilah porsi company profile utk tampilan gambar atau foto-foto; dan (2) Utk company profile dengan media audiovisual, kualitasnya terletak pada menarik/tidaknya visualisasi dan tatasuara.
A. (1) Pembuatan company profile harus faktual, tidak boleh mengada-ada; (2) Karena merupakan gambaran perusahaan, company profile diusahakan mencakup segala hal sisi perusahaan berdasarkan landasan filosofisnya; dan (3) Landasan filosofis merupakan karakter dan kepribadian.
B. (1) Berilah porsi company profile utk tampilan gambar atau foto-foto; dan (2) Utk company profile dengan media audiovisual, kualitasnya terletak pada menarik/tidaknya visualisasi dan tatasuara.
Keunggulan Media Cetak
Company Profile
o Terdokumentasi dan terekam. Publik bisa secara mudah membawa dan menyimpannya.
o Dapat dibaca berulang kali.
o Dapat dipadukan dengan media audiovisual company profile.
o Terdokumentasi dan terekam. Publik bisa secara mudah membawa dan menyimpannya.
o Dapat dibaca berulang kali.
o Dapat dipadukan dengan media audiovisual company profile.
CONTOH COMPANY PROFILE :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar